AUTISME

Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku.

Faktor yang menyebabkan autisme bermacam-macam. Faktor genetik, kelainan otak, adanya kerusakan atau berkurangnya jumlah sel syaraf, kelainan peptida di otak, komplikasi saat hamil dan persalinan, kekebalan tubuh, dan bisa juga karena keracunan logam berat timah hitam, arsen, antimony, cadmium, dan merkuri yang berasal dari polusi udara, air ataupun makanan.

Secara umum, gejala autisme terdeteksi pada usia awal perkembangan anak sebelum mencapai tiga tahun. Gejala Autisme yang menonjol yaitu tidak ada kontak mata, kurangnya minat interaksi sosial dan komunikasi. Gejala lainnya berupa emosi yang tidak terkontrol, melakukan kegiatan berulang-ulang, dan tidak menyukai sentuhan.

Penyandang autisme juga cenderung memiliki masalah dalam belajar dan kondisi kejiwaan lain, misalnya gangguan hiperaktif atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder(ADHD), gangguan kecemasan, atau depresi.

Bagi orangtua coba perhatikan kondisi anak pada golden period (1-5 tahun) apakah sudah bisa bicara, cendrung bermain sendiri, tidak ada kontak mata atau emosi, atau apakah ada keterlambatan tumbuh kembang anak anak lainnya.

Kondisi autisme terkadang baru terdeteksi hingga pengidapnya dewasa. Proses diagnosis saat dewasa dapat membantu para pengidap serta keluarga untuk memahami autisme dan memutuskan jenis bantuan yang dibutuhkan.

Sebagian penyandang autisme dewasa merasa kesulitan untuk mencari pekerjaan karena adanya tuntutan dan perubahan sosial dalam pekerjaan. Pusat layanan khusus autisme bisa membantu mereka untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan kemampuan mereka. Dimana pusat terapi Autisme di Batam?

– RS Awal Bross
– Yayasan Pelangi di Sukajadi
– Yayasan Yamet di Batam Center
– Denis Chu di Duta Mas

2 Replies to “AUTISME”

    1. Gejala autisme pada umumnya sudah dapat dikenali semenjak usia dini,seperti sulit berbicara atau berkomunikasi.
      Gejala autisme tidak muncul dengan sendirinya ketika sudah dewasa, yang terjadi adalah lambat dalam mendeteksi.
      Biasanya Autisme yang baru terdeteksi saat dewasa akan terlihat ketika ia mulai menemukan masalah yang berarti
      dalam hidupnya, sehingga dapat berdampak menjadi depresi.Gejala yang terlihat pada autisme dewasa bisa berupa:
      sedikit teman, sulit bekomunikasi, gangguan dalam pemrosesan informasi dan sangat bergantung pada rutinitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *