Waspadai Penipuan Berkedok Panggilan Kerja

Sahabat PoliKonseling.

Seperti yang kalian liat pada IG polibatamkonseling, pastinya kalian hepi banget mendapat panggilan kerja, bukan hanya lewat email, melainkan lewat sms dan juga telepon.

Dilihat dariĀ  domain/ almat email pengirinya yang menggunakan nama perusahaan, bukan pakai gmail or domain umum, ditambah tampilan emailnya saja sudah sangat meyakinkan kamu bukan?

Pastinya buat kamu yang sudah menunggu kabar panggilan dari sekian ratus email yang sudah kamu sebar ke seluruh penjuru, momen ini pastilah membahagiakan.

Kenyataannya, hal itu adalah penipuan semata. Coba kalian baca kembali, pada gambar terakhir, mereka meminta kita mengkonfirmasi kehadiran, dan menyatakan mereka yang akan membelikan tiket kita cukup mentrasfer uang sehingga nanti akan diberikan kode booking. Coba pikirkan, apakah ada jaminan setelah kita transfer kode akan di kirim? kenapa bukan kita yang booking sendiri? atau kenapa juga gak biaya rekrutmen di tanggung perusahaan?

Nah berikut tipsnya agar sahabat PoliKonseling tidak terjebak dalam penipuan berkedok panggilan kerja:

1. Tetap tenang dalam menerima informasi apapun. Keadaan tenang membuat kamu mampu berfikir jernih.

2. Jangan ragu browsing info mengenai perusahaan yang memanggil kamu untuk tes, cari alamat dan nomor telponnya, hubungi nomor tersebut, dan konfirmasi kepada bagian HRD.

3. Jangan mentransfer apapun dengan alasan apapun. Perusahaan pasti punya angaran dalam melakukan rekrutmen, sendainya kita diminta membeli tiket dengan biaya pribadi, pasti tidak akan diminta mentrasfer ke rekening, melainkan langsung kita yang membelinya.

4. Jangan ragu berbagi cerita pada orang terdekat, sehingga akan ada yang memberikan kamu pertimbangan.

Sahabat PoliKonseling, tetap waspada ya, dan jangan menyerah untuk mendapatkan pekerjaan!

By: Mutia Wachyu Novrianti., S. Psi

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *